Tuesday, February 16, 2016

Tips Agar Kopling Ganda Ford Fiesta Awet.

Mobil Ford yang mengusung Dual Clutch Technology (DCT) termasuk Ford Fiesta, menggunakan kopling ganda kering yang juga banyak diterapkan pada mobil Eropa/US (i/e: VW, Audi, etc) dan mobil-mobil sport seperti Lamborghini dan Ferrari.

Kopling ganda kering (Dry Dual Clutch) pada Ford Fiesta tergolong teknologi yang cukup canggih, namun pola berkendaranya tidak bisa disamakan dengan menggunakan transmisi otomatis konvensional atau CVT.

Kerusakan dual clutch itu ada pada komponen koplingnya, bukan pada transmisi. Penyababnya bisa dari beragam hal, tapi yang paling sering akibat pengoperasian penggunanya, salah satunya adalah kebiasan mendiamkan tuas pada posisi D saat berhenti lama sampai prilaku perpindahan giginya yang kasar.


Selain itu kondisi stop n go pada kemacetan Ibu Kota serta iklim panas juga sangat mempengaruhi sistem kerja dari dual clutch, hindari sering membawa kendaraan dalam kondisi macet karena salah satu kelemahannya adalah terjadi overheat pada tranmsisi yang dapat membuat rusak TCM.
Kalau terjebak macet perhatikan untuk pindahkan tuas ke posisi N saat berhenti.


Untuk kopling tidak ada oli karena memang dual clutch-nya kering, sebenarnya ini free maintenance seperti kopling manual biasa. Sedangkan untuk oli transmisi cukup ditambahkan bila kurang tidak perlu sampai ganti baru semuanya.

4 comments:

  1. Artikel yang keren,
    Apakah ada standar ukuran KM brp hrs ganti plat kopling?

    ReplyDelete
  2. Perkenalkan saya Tony pemilik fiesta S 1,6 tahun 2012, perkenankan saya bertanya mengenai seputar dual clutch, mobil saya sdh pernah ganti transmisi dual clutch dalam masa masih garansi karena keluhan yg dialami fiesta saya adalah timbul bunyi berisik di mesin seperti rantai ditarik dilantai dan kabin dalam mobil bergetar ketika mobil kondisi panas karena jalanan macet, pada saat posisi mengerem dan berhenti lalu pas injak pedal gas utk jalan lagi langsung kabin bergetar seperti kayak pasokan bensin gak lancar ke injeksi, dan permasalahan ini pun muncul kembali walaupun transmisi sdh diganti baru (katanya permasalahannya di transmisi), pihak bengkel resmi hanya memberikan solusi upgrade software utk meminimalisir permasalahan tersebut, pertanyaan saya apakah permasalahan tersebut apakah ada solusi atau bisa diperbaiki?
    Terima kasih sebelumnya bro bro, mungkin ada pencerahan atau referensi bengkel yg yahud utk masalah ini, terima kasih

    ReplyDelete
  3. Perkenalkan saya Tony pemilik fiesta S 1,6 tahun 2012, perkenankan saya bertanya mengenai seputar dual clutch, mobil saya sdh pernah ganti transmisi dual clutch dalam masa masih garansi karena keluhan yg dialami fiesta saya adalah timbul bunyi berisik di mesin seperti rantai ditarik dilantai dan kabin dalam mobil bergetar ketika mobil kondisi panas karena jalanan macet, pada saat posisi mengerem dan berhenti lalu pas injak pedal gas utk jalan lagi langsung kabin bergetar seperti kayak pasokan bensin gak lancar ke injeksi, dan permasalahan ini pun muncul kembali walaupun transmisi sdh diganti baru (katanya permasalahannya di transmisi), pihak bengkel resmi hanya memberikan solusi upgrade software utk meminimalisir permasalahan tersebut, pertanyaan saya apakah permasalahan tersebut apakah ada solusi atau bisa diperbaiki?
    Terima kasih sebelumnya bro bro, mungkin ada pencerahan atau referensi bengkel yg yahud utk masalah ini, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ke Bengkel Sahabat Motor di cinere, lokasi di dalam pasar segar Cinere depok

      Delete