Friday, November 11, 2016

Engine Overheat bisa bikin panas kepala dan dompet




Mobil dengan mesin modern ULEV (Ultra Low Emission Vehicle) menggunakan kompressi tinggi dan beroperasi sampai temperatur 110c, demikian halnya dengan mesin mobil Ford Fiesta yang operating temp-nya 90-105c.


Bila indikator overheat nyala, jangan dianggap remeh karena mesin bisa rusak parah, sebaiknya langsung menepi dan matikan mesin.
Bila sudah overheat dipaksakan jalan dampaknya fatal terhadap mesin karena terjadi pemuaian berlebihan pada mesin menyebabkan penyempitan pada ruang-ruang dan celah cylinder head sehingga dapat merusak semua part mesin yang bergerak dalam cylinder block.



Overheat yang berlebih dapat menyebabkan pemuaian yang berlebihan dan berujung pada kerusakan internal mesin yang bedampak pada valve cylinder head, cylinder bloc dan lainnya.

Estimasi biaya perbaikan overheat


Penyebab overheat pada Ford Fiesta dikarenakan cooling system bermasalah yang secara umum terjadi karena beberapa hal berikut:
- Waterpump fail sehingga tidak dapat mensirkulasi coolant
- Jalur Coolant bocor sehingga coolant bocor keluar, bisa dari subtank pecah, pipa radiator sobek/pecah, radiator bocor atau seal waterpump bocor.
- Penggunaan coolant tidak sesuai standard Ford.
Ford coolant specification, Prediluted: WSS-M97B44-D2 / Concentrated: WSS-M97B44-D
Coolant standard Ford Fiesta adalah Motorcraft  (Prediluted: VC-3DIL-B and VC-3DIL-BD / Concentrated: VC-3-B and VC-3-D )
Alternative coolant sesuai dengan Ford Spesification adalah Prestone Extended Life Radiator Super Coolant
- Kipas/Motor fan radiator fail / mati.

Tidak semua mobil akan mengalami overheat karena tergantung cara merawat dan menggunakan mobil. Jadi bijaklah untuk bertindak sebelum membuat fatal dan menjebol dompet hanya karena hal kecil atau tidak tau.


~ CJ-001 ~

No comments:

Post a Comment